Minggu, 03 Juni 2012

desain nusantara

hai.. hai.. waktu bersih-bersih harddisk yang isinya sudah penuh sekali, eehhh... ketemu gambar ini, langsung saja teringat masa-masa kuliah. Maaf kalau sandalnya agak kotor, sandal bekas pakai soalnya, itu sudah dicuci tapi tidak bisa putih bersih, hehe... Batik sandal ini hasil dari mata kuliah desain nusantara. Ini pertama kali saya merasakan rasanya membatik, benar-benar penuh perjuangan, butuh waktu yang tidak sebentar, mata perih karena asap pembakaran lilin, tangan panas karena tidak sengaja terkena tetesan lilin cair, dan hasilnya memang masih jauh sekali dari sempurna, yaa.. harap maklum.

Tapi kalau mau mencoba mengasyikkan juga koq, kita bisa berkreasi membuat gambar sesuka kita, benar-benar puas bila melihat hasilnya selesai. Bahan dan peralatannya mudah dicari, kebetulan di tempat saya ada toko kesenian, jadi semua bahan tersedia. Bahannya antara lain kain polos, kompor kecil, penggorengan kecil, lilin, dan senjata utamanya yaitu canting. Untuk pewarnanya bisa dari bahan alami tumbuh-tumbuhan atau pewarna buatan. Tidak cuma dikombinasikan dengan media sandal, tetapi bisa juga dengan pakaian, tas, dompet, tempat HP, dll. Tampil beda dengan hasil karya sendiri pasti lebih keren.


Ini dia hasil yang lain dari tugas mata kuliah desain nusantara buatanku, hasilnya dipamerkan sebagai nilai ujian akhir semester. Batik dengan motif gambar Surabaya, dengan bingkai bambu menggambarkan semangat perjuangan arek-arek Suroboyo yang hanya bersenjatakan bambu runcing berperang melawan penjajahan Belanda, hehehe... Seperti sandal batik di atas hasilnya masih jauh dari sempurna, maklum baru pertama kali membatik.


Suasana pameran mata kuliah desain nusantara yang diadakan di salah satu ruang kelas kampus, penuh dengan hasil karya yang bagus-bagus. Ini adalah pertama kali kami semua membatik, tetapi hasilnya benar-benar luar biasa. Kenangan di masa kuliah yang tidak terlupakan, hehe...

selamat berkarya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar